Contoh dan Cara Membuat Abstrak Skripsi Penelitian

abstrak skripsi

Dalam proses penulisan sebuah karya tulis, terdapat beberapa kriteria khusus yang dapat dijadikan tolak ukur dalam pengkategorian jenis karya tulis tersebut apakah termasuk karya tulis ilmiah, biografi, fiksi maupun non fiksi. Pada jenis karya tulis ilmiah, salah satu aspek penulisan yang sering kita jumpai adalah bagian abstrak. Abstrak sendiri sering kita jumpai di bagian awal skripsi, tesis, desertasi ataupun jurnal ilmiah.

Abstrak sendiri dapat diartikan sebagai ringkasan dari keseluruhan isi dan pembahasan sebuah karya tulis ilmiah baik itu skripsi ataupun jurnal. Biasanya abstrak ditulis dengan singkat, padat dan jelas serta ditulis tidak kurang dari 250-300 kata. Maka dari itu abstrak tidak mengambil banyak tempat di dalam sebuah penulisan karya tulis ilmiah.

Baca: Cara Menentukan Judul Skripsi

Tujuan Penulisan Abstrak Skripsi dan Jurnal

Setidaknya terdapat 3 tujuan penulisan abstrak dalam sbeuah karya tulis ilmiah.

  1. Mempermudah Pembaca

    Sejalan dengan pengertian abstrak yang telah dijelaskan sebelumnya, kehadiran abstrak dalam suatu karya ilmiah diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi calon pembaca dalam mencari atau menyeleksi informasi yang dibutuhkan.

  2. Sebagai Pedoman

    Abstrak juga dapat dijadikan sebagai pedoman terhadap rincian informasi, analisis dan argumen yang digunakan oleh penulis dalam menganalisa sebuah masalah.

  3. Mencari Pokok Bahasan

    Pembaca juga dapat menemukan pokok bahasan yang diangkat dari suatu karya ilmiah dengan melihat bagian abstrak. Tentu ini akan memudahkan para akademisi dalam memilah dan memilih bahan referensi yang sesuai dengan topik yang diangkat.

Jenis-Jenis Abstrak

Melansir laman gramedia.com, secara umum abstrak dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu abstrak indikatif dan abstrak informatif.

  1. Abstrak Indikatif

    Pertama ada jenis abstrak indikatif, abstrak jenis ini lebih menitik beratkan pada uraian singkat terkait dengan masalah yang terkandung di dalam laporan atau karya tulis ilmiah yang sedang dibuat. Pembaca diharapkan mampu mengetahui isi informasi tanpa perlu memadatkan isi dan biasanya ditandai dengan indikasi sasaran cakupan penulisan yang dibahas oleh si penulis.

  2. Abstrak Informatif

    Kedua ada jenis abstrak inrformatif, abstrak jenis ini dapat dikatakan sebagai miniatur laporan karena mengandung informasi laporan secara lengkap. Umumnya abstrak yang bersifat informatif akan mengandung beberapa info penting seperti judul, penulis, intuisi, tujuan, metode penelitian, hasil penelitian dan hasil penelitian. Keseluruhan informasi tersebut akan diringkas dalam beberapa paragraf.

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Literatur Review yang Benar

Contoh Abstrak Skripsi

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Memilih Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil” ini ditulis oleh Wulan Sari Widya Mukti, NIM 2823133161, pembimbing
Ali Mauludi, AC.MA.

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin banyaknya lembaga-lembaga keuangan syariah. Persaingan saat ini semakin kuat dan ketat. Sehingga pihak lembaga keuangan syariah harus mempunyai strategi yang kuat pula untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu strategi yang kuat misalnya dengan adanya pemasaran yang baik, mampu menjalin komunikasi yang berkelanjutan. Adanya penetapan pelayanan yang baik, sopan, dan sesuai dengan prinsip syariah. Adanya kualitas produk yang dimiliki, dengan menerapkan prinsip syariah. Sehingga nasabah memiliki penilaian dan pengetahuan yang baik pula terhadap lembaga. Dan dengan cara itulah nantinya akan menciptakan daya tarik tersendiri pada nasabahnya dan juga akan
menimbulkan kesan kesetiaan nasabah terhadap pihak lembaga.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah startegi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil di BMT Pahlawan Tulungagung?, (2) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil di BMT Pahlawan Tulungagung?, (3) Apakah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil di BMT Pahlawan Tulungagung?, (4) Apakah secara bersama-sama strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil di BMT Pahlawan Tulungagung?

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dan dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah alisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas, serta uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel startegi pemasaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil, (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil, (3) variabel kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap variabel keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil, (4) variabel strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap variabel keputusan memilih pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan
Memilih Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil.

Sumber Rujukan.
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5515/2/ABSTRAK.pdf dikases pada 29 Agustus 2023

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *