Pengertian, Jenis dan Contoh Penelitian Sosial

contoh penelitian sosial

Secara umum penelitian sosial dapat diartikan sebagai segala upaya ilmiah yang dilakukan dengan tujuan menganalisa berbagai gejala maupun realitas fenomena yang terjadi di masyarakat. Kondisi masyarakat yang majemuk dan dinamis seringkali menimbulkan beragam masalah, oleh karena itu penelitian sosial berperan sebagai alat untuk menjawab permasalahan tersebut. Maka tak heran dalam praktiknya, penelitian sosial banyak menggunakan pendekatan empiris dalam pengumpulan dan penyusunan data di lapangan.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka tentang apa yang disebut sebagai penelitian sosial, salah satunya Sutrisno Hadi. Menurutnya, penelitian sosial diartikan sebagai sebuah rangkaian usaha untuk memperoleh informasi, menggali lebih dalam, mengembangkan sekaligus memperluas dan menguji kebenaran dari sesuatu yang telah ada, tetapi masih diragukan.

Berangkat dari pengertian tersebut, kali ini akan kita bahas berbagai aspek yang yang berkaitan dengan topik penelitian sosial mulai dari Jenis, Fungsi dan Tujuan, serta Contoh Judul penelitian sosial.

Baca: 5 Cara Membuat Proposal Skripsi yang Baik dan Benar

Jenis-Jenis Penelitian Sosial

Tentu kita sudah mengetahui bahwa ada 2 teknik pendekatan metode penelitian yang dapat digunakan untuk membedah suatu permasalahan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sementara untuk jenis penelitian sosial terdapat 2 jenis matrix yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi.

1. Jenis Penelitian Sosial Berdasarkan Sumber Data

Jenis penelitian ini menitik beratkan pada jenis sumber data yang dipakai yaitu jenis data primer dan jenis data sekunder. Data primer diartikan sebagai upaya pengumpulan dan analisa data baru yang didapat melalui teknik pengumpulan data seperti survei, wawancara dan observasi. Sedangkan jenis data sekunder diartikan sebagai kegiatan penarikan kesimpulan dari berbagai literatur yang sudah ada tentang suatu permasalahan yang terjadi.

2. Jenis Penelitian Sosial Berdasarkan Waktu

Selanjutnya ada jenis penelitian sosial yang didasarkan pada waktu yang terdiri dari jenis penelitian cross sectional dan jenis penelitian longitudinal. Jenis penelitian cross sectional biasanya melihat data dari dari populasi pada satu titik waktu tertentu, contohnya penelitian perilaku pekerja pada waktu pagi dan malam hari. Berbeda dengan jenis cross sectional, jenis penelitian longitudinal meneliti suatu subjek dalam waktu yang realtif lebih lama sampai dapat ditarik hasil analisanya.

Fungsi dan Tujuan Penelitian Sosial

Mengutip laman gramedia.com, peneltian sosial memiliki 3 tujuan dan fungsi sebagai berikut.

1. Verifikatif

Fungsi penelitian sosial yaitu untuk membuktikan kebenaran sekaligus berfungsi untuk menguji kembali berbagai temuan tentang pengetahuan yang sudah ada.

2. Eksploratif

Selanjutnya, penelitian sosial juga berfungsi mengisi ketika ada kekosongan tentang pengetahuan yang belum ada sebelumnya, sehingga penelitian dan penemuan terbaru yang akan menjadi referensi dan dapat menambahkan khasanah keilmuan sosiologi.

3. Pengembangan

Terakhir, fungsi dari penelitian sosial adalah untuk mengembangkan pengetahuan dengan lebih rinci dan dapat memanfaatkan pengetahuan yang telah ada sebelumnya dengan lebih baik atau sempurna.

Baca Juga: 80+ Ide Skripsi Dengan Topik Penelitian Sosial

Contoh Judul Penelitian Sosial

Sebagaimana telah disinggung diawal, bahwa topik penelitian sosial merupakan sebuah upaya pemecahan masalah di masyarakat menggunakan pendekatan ilmiah, maka cakupan penelitian sangatlah luas. Berikut merupakan beberapa referensi contoh judul penelitian sosial berdasarkan topik penelitiannya.

Topik Penelitian Sosial Mengenai Usia

  • Persepsi penuaan dalam berbagai budaya
  • Perbandingan gaya sosialisasi berdasarkan rentang usia
  • Bagaimana pandangan mengenai citra tubuh berubah seiring bertambahnya usia?

Topik Penelitian Sosial Mengenai Ketimpangan Sosial

  • Pengaruh kemiskinan pada tingkat pendidikan di suatu daerah
  • Kemiskinan sebagai masalah sosial
  • Bentrokan antar kelas sosial di Indonesia
  • Hubungan antara ketimpangan ekonomi dan masalah keluarga

Topik Penelitian Sosial Mengenai Pelajar

  • Pelajar seperti apa yang cenderung suka membentuk kelompok (geng) di sekolah menengah?
  • Rasisme dalam lingkungan Sekolah Dasar
  • Manajemen waktu sebagai cara terbaik untuk menyeimbangkan kehidupan sebagai mahasiswa

Demikianlah penjelasan mengenai segala hal yang berkaitan dengan topik penelitian sosial, mulai dari jenis, fungsi dan tujuan, serta contoh judul penelitian. Jika kamu mengalami kesulitan dan tidak sempat mengerjakan tugas, tim kami menyediakan layanan bimbingan dan full pengerjaan tugas makalah, jurnal, skripsi, tesis dan disertasi. Info lebih lanjut dapat menghubungi customer service kami di nomor 0877-1545-0348.

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *