Cara Menentukan Judul Skripsi

Cara menentukan judul skripsi

Skripsi kerap kali menjadi momok menakutkan hampir bagi setiap mahawasiswa semester akhir, bayang-bayang revisi dan banyaknya literatur yang harus dibaca menjadi masalah tersendiri. Sampai saat ini, skripsi masih menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa tingkat sarjana saat ingin menyelasaikan studinya. Di dalam artikel ini, kamu akan belajar cara menentukan dan memilih judul skripsi yang tepat dan benar.

Penting diketahui, skripsi termasuk kedalam karya tulis ilmiah yang membutuhkan banyak literatur sebagai landasan kerangka berfikir dalam proses pengerjaannya. Cara paling sederhana dalam menentukan judul skripsi adalah dengan melihat fenomena dan permasalahan di lingkungan sekitar. Ingat, karena skripsi merupakan salah satu produk karya tulis ilmiah maka harus bisa menjawab dan memberikan solusi bagi sebuah masalah.

Baca: 50 Contoh Judul Skripsi Manajemen Pemasaran Kuantitatif

Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba dalam menentukan judul skripsi.

1. Kenali Dirimu

Sama seperti saat kamu menentukan program studi yang akan diambil, tahap awal dalam penentuan judul skripsi adalah menggali minat dan potensi yang ada di dalam diri. Di tahap ini kamu dapat menentukan topik yang akan kamu jadikan materi skripsimu. Selain unsur minat dan ketertarikan, kamu juga harus memikirkan apa urgensi dari topik penelitian yang dipilih.

Contoh: Jika kamu adalah seorang mahasiswa ilmu komunikasi, maka kamu dapat memilih topik sosial, politik ataupun kesehatan sebagai pondasi awal materi skripsimu.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Seringkali kita kesusahan dalam menentukan topik penelitian karena terlalu fokus dengan hal-hal yang berada di luar jangkauan kita. Tak sedikit mahasiswa yang berhasil menentukan topik penelitiannya hanya dengan memperhatikan lingkungan sekitar dan sedikit merubah sudut pandang. Mengangkat topik yang dekat dengan kita dan sering kita alami akan mempermudah proses jalannya penelitian dan pengumpulan informasi.

3. Perbanyak Informasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, skripsi merupakan salah satu produk karya tulis ilmiah maka dari itu hasilnya pun harus dapat dipertanggung jawabkan. Untuk memulainya, kamu dapat membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan topik penelitianmu. Selain itu, kamu juga dapat memperluas sudut pandangmu dengan cara bertanya atau mendatangi orang-orang yang terlibat langsung dengan topik yang kamu angkat.

Kamu juga dapat memanfaatkan jurnal dan penelitian terdahulu sebagai bahan referensi pengerjaan skripsimu. Namun perlu diingat, pastikan untuk selalu menulis sumber original dari tulisan yang kamu kutip.

Baca Juga: 15 Judul Skripsi Teknik Informatika Tanpa Coding

4. Aktif Berdiskusi atau Seminar

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan dalam menentukan judul skripsi adalah berdiskusi atau mengikuti seminar. Mengobrol dan bertukar pendapat dapat memberikan kita perspektif baru terhadap suatu hal yang mungkin saja itu menjadi masalah bagi orang lain.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips cara menentukan judul skripsi. Tak peduli seberapa pintar dirimu di dalam kelas, skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Jadi jangan terlalu fokus pada hal-hal tidak kita kuasai.

Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam menentukan dan memilih judul skripsi, Research Consultant menyediakan paket layanan bimbingan mulai dari skripsi, tesis dan disertasi. Hanya dengan 150.000 kamu akan mendapatkan layanan konseling dan bimbingan selama proses pengerjaan tugas akhir.

Info lebih lanjut dapat menghubungi kami di nomor: 087715450348

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *