Perbedaan Paper, Jurnal, Makalah, Skripsi, Tesis dan Disertasi

perbedaan paper dan makalah

Dalam dunia pendidikan ada beberapa jenis karya tulis ilmiah yang sering kita dengar bahkan kita kerjakan, seperti makalah, paper, jurnal, skripsi, tesis dan disertasi. Secara konsep semua jenis tulisan tersebut menggunakan dasar yang sama yaitu berusaha memberikan solusi terhadap suatu permasalahan melalui kajian ilmiah. Selama prosesnya, kajian ilmiah haruslah memiliki dasar yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Meskipun begitu masih banyak mahasiswa/pelajar yang keliru dan menganggap paper dan jurnal adalah jenis tulisan yang sama. Padahal baik jurnal, paper, makalah maupun skripsi menggunakan kaidah penulisan yang sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas perbedaan paper, jurnal, makalah, skripsi, tesis dan disertari.

Baca: Contoh dan Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Pengertian Paper

Paper masuk dalam kategori karya tulis ilmiah karena berupa gagasan yang ditulis berdasarkan sumber-sumber terpercaya seperti buku dan lain sebagainya. Paper bisa berupa hasil penelitian terbaru atas sebuah permsalahan atau bahkan hasil review dari penelitian terdahulu. Lantas apakah paper memiliki kesamaan dengan jenis karya ilmiah lainnya? Jawabannya iya. Nyatanya paper sering juga disebut sebagai makalah yang disingkat karena menggunakan format penulisan yang lebih ringkas. Paper ditulis dengan format judul, pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar pustaka.

Pengertian Makalah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan paper dan makalah hanya pada format penulisannya. Jika paper ditulis dalam format penulisan yang singkat, sedangkan makalah menggunakan format penulisan yang cukup lengkap disertai dengan pendahuluan, pembahasan dan penutup. Oleh sebab itu, makalah sering juga disebut sebagai mini skripsi karena menggunakan format penulisan yang hampir sama.

Pengertian Jurnal

Kemudian ada jurnal, jurnal dapat dikatakan sebagai kumpulan paper yang telah dipublikasi oleh beberapa penulis secara periodik. Cakupan bahasan yang terkandung di dalam jurnal pun lebih luas dan padat dengan tujuan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya. Perbedaan yang paling mencolok antara jurnal dan paper adalah format penulisannya, format penulisan sebuah jurnal harus menyertakan judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode penelitian, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Jurnal Ilmiah

Pengertian Skripsi, Tesis dan Disertasi

Terakhir ada skripsi, tesis dan disertasi, ketiganya adalah jenis karya tulis ilmiah yang dijadikan sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi S1, S2 dan S3. Ketiga jenis penelitian tersebut memiliki format penulisan yang sama namun dengan kedalaman pembahasan yang berbeda.

Itulah beberapa pengertian dan perbedaan paper, jurnal, makalah, skripsi, tesis dan disertasi. Bagi kamu yang merasa kesulitan dalam penyusunan tugas karya tulis ilmiah, Research Consultant menyediakan layanan bimbingan dan konsultasi berbagai tugas akhir. Nantinya kamu akan mendapatkan bimbingan melalui online dan offline dengan harga terjangkau, info lebih lanjut dapat langsung menghubungi custimer service kami di nomor 087715450348.

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *