Contoh dan Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

penulisan kutipan

Kutipan menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah karya tulis ilmiah, baik itu berupa tugas akhir baik itu berupa skripsi, tesis, disertasi ataupun jurnal penelitian. Kutipan dapat diartikan sebagai ide/gagasan/pendapat orang lain yang dipinjam sebagai penguat sebuah argumen dalam suatu penelitian. Dalam praktiknya tidak ada batasan tertentu tentang seberapa banyak gagasan yang bisa dikutip dalam sebuah penelitian.

Meksipun tidak terdapat batasan, gagasan yang dikutip harus bisa dipertanggungjawabkan dan berasal dari sumber yang terpercaya. Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah cara penulisannya, gagasan yang dikutip dari suatu sumber harus ditulis secara jelas dan mengikuti kaidah penulisan yang sudah ditentukan. Berikut beberapa contoh cara menulis kalimat kutipan dari berbagai sumber.

Baca: Cara Menentukan Judul Skripsi

Cara Menulis Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah jenis kutipan yang diambil langsung dari sumber aslinya dan ditulis sama persis. Cara penulisannya pun dibedakan menjadi 2 berdasarkan jumlah kalimat yang dikutip, jika kutipan kurang dari 4 baris maka harus ditulis dengan menggunakan tanda kutip dua (“), disertakan dalam paragraf dan sertakan sumbernya (nama pengarang, tahun terbit dan halaman).

Contoh:

Kutipan dapat diartikan sebagai ide/gagasan/pendapat orang lain yang dipinjam sebagai penguat sebuah argumen dalam suatu penelitian. “Dalam membuat sebuah karya ilmiah jenis penelitian, eksplorasi pustaka merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk mendapatkan kebenaran data yang ingin diteliti” (Agung Hermanto, 2009: 15-16).

Namun jika kalimat yang dikutip lebih dari 4 baris maka kalimat kutipan harus diberi jarak 1 spasi dengan kalimat sebelum/sesudahnya, diapit tanda petik dua (“) dan menyertakan sumber.

Contoh:

Terjemahan karya ilmiah dalam bahasa Indonesia banyak yang tidak memuaskan karena para penerjemah tidak terlatih dalam ilmu penerjemahan. Misalnya terjemahan berikut ini.

“Suatu pikiran yang telah tersebar dengan luas sekali orang banyak menggambarkan buku-buku sebagai benda tak berjiwa, tidak effektif, serba damai yang pada tempatnya sekali berada dalam kelindungan-kelindungan sejuk dan ketenangan akademis dari universitas-universitas dan tempat…” (Sani, 1959: 7).

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Abstrak Skripsi Penelitian

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Berbeda dengan jenis kutipan langsung, penulisan kutipan tidak langsung hanya berupa intisari dari sebuah gagasan tanpa mengurangi makna gagasan tersebut. Cara penulisannya pun harus diberi jarak spasi ganda antar baris, diapit tanda petik dua (“) dan ditulis sumber rujukan.

Contoh:

Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat entitas ilmiah yang berfungsi untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat (Michelle Doe, 2016: 27).

Dalam menulis kutipan tidak langsung bisa juga dengan menyebutkan sumber di depan kutipan seperti berikut ini:

Michelle Doe (2016: 27) berpendapat bahwa kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat entitas ilmiah yang berfungsi untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat.

Namun bagaimana jika ternyata gagasan yang akan kita kutip juga merupakan hasil kutipan dari orang lain? Dalam kasus tersebut penulis hanya perlu menyertakan nama pengarang aslinya dan ditambahkan kata ‘dalam’.

Contoh:

Hendry (dalam Budianto, 2005: 17) menjelaskan bahwa manajemen merupakan suatu proses untuk melakukan perencanaan dan pengontrolan sumber daya agar tujuan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Cara Menulis Kutipan dari Internet

Selain dua jenis cara penulisan kutipan yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini juga terdapat jenis penulisan kutipan yang bersumber dari internet. Untuk penulisan kalimat kutipan dari internet, penulis cukup mencantumkan nama web, url website dan tanggal diakses pada daftar pustaka saja sebagaimana panduan yang dikeluarkan APA (American Psychological Association).

Nama web, tanggal artikel dibuat, judul artikel, waktu mengakses dan alamat website (URL).

Contoh:

Researchconsultant.id, 25 Agustus 2023, Contoh dan Cara Membuat Abstrak Skripsi Penelitian, 4 September 2023, https://researchconsultant.id/artikel/abstrak-skripsi.

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *