Langkah Langkah Membuat Paper yang Baik dan Benar

jasa pembuatan peta arcgis

Halo sobat Research Konsultant! Kamu sedang kesulitan membuat paper? Deadline sudah mendekat tapi bingung mau ngerjain dari mana? Atau masih bingung mau ngambil topik apa buat dibahas?

Di dunia perkuliahan, menulis paper adalah salah satu tugas yang seringkali dijumpai di berbagai mata kuliah. Nah, artikel ini mungkin bisa kamu jadikan referensi buat kalian-kalian yang masih bingung dengan langkah-langkah membuat paper atau bahkan belum memahami apa itu paper. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai paper serta langkah-langkah pengerjaannya yang baik dan benar.

Definisi Paper

Paper merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang suatu topik dengan didukung data serta argumen yang kuat dan valid. Selain itu, paper juga diartikan sebagai ringkasan dari penelitian yang dilakukan.

Pengertian paper menurut Pen dan Pad ialah mengatur ide-ide dalam format linier dan mudah dimengerti. Jika kalian pernah menganggap bahwa paper dan makalah adalah dua hal yang sama, maka kamu salah besar karena keduanya berbeda. Makalah sendiri berisi tentang penelitian yang sudah digunakan pada suatu topik tertentu. Tapi lebih dari sekadar pembahasan topik dan juga penelitiannya. Sementara itu, paper harus dilandasi dengan argumen dan data yang kuat, dimana poinnya yaitu adanya perspektif yang ditonjolkan di dalam paper.

BACA JUGA : Definisi Website dan Jenis-Jenisnya

 Bisa kita simpulkan bahwa paper adalah penjelasan tentang topik yang sudah dipelajari secara mendalam. Dalam menulis sebuah paper, kita akan memasukkan data dari berbagai macam sumber, baik itu dari buku, artikel, wawancara, dan juga informasi dari situs internet. Penekanannya yaitu paper ditulis berdasarkan argumen penulis. Sehingga isi paper merupakan hasil dari pemikiran dan pengetahuan penulisnya.

Paper merupakan bagian dari artikel ilmiah yang ditulis ke dalam format tertentu. Sehingga umumnya paper akan menjadi penelaahan dalam hasil penelitian baru. Namun di dalam pembuatan paper juga bisa merupakan hasil dari penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Langkah Langkah Membuat Paper

Jenis-Jenis Paper

Sebelum membuat paper, kamu tentunya harus terlebih dahulu menentukan jenis paper apa yang akan kamu tulis. Paper mempunyai 7 jenis, yang diantaranya adalah:

  • Paper argumentatif biasanya menyajikan dua sisi masalah yang kontroversial di dalam satu makalah. Paper jenis ini tergolong baik apabila menyertakan kutipan di dalam teks dari para peneliti terdahulu yang menyajikan fakta logis dari kedua sisi masalah. Kemudian ditambah dengan kesimpulan dari penulis dengan menganalisis pro dan juga kontra dari setiap argumen. Analisis dalam penelitian ini tidak boleh emotif dan bersifat faktual dan mencakup kedua sisi argumen.
  • Paper analitik mencakup informasi dari berbagai macam sumber, paper jenis ini fokus menganalisis sudut pandang yang diwakili dari sudut pandang faktual dibandingkan pendapat. Penulis paper analitik fokus pada temuan, metodologi, ataupun kesimpulan dari peneliti lain dan akan menyimpulkan paper tersebut dengan rangkuman temuan serta kerangka kerja yang disarankan untuk studi kasus yang lebih lanjut mengenai masalah tersebut.
  • Paper definisi tergolong jelas karena menggambarkan topik dari sudut pandang faktual yang umumnya tanpa pendapat penulis. Paper definisi mungkin akan dianggap sulit ditulis terlebih oleh para mahasiswa yang senang mendiskusikan masalah dari sudut pandang mereka sendiri. Paper definisi yang baik bisa memberikan kerangka kerja informasi yang berkualitas untuk laporan argumentatif ataupun analitik lain pada topik yang sama.
  • Paper komparatif dan kontras dipakai dalam bidang sastra untuk membandingkan dua penulis yang berbeda ataupun cerita dari genre tertentu. Akan tetapi, hal ini juga bisa digunakan dalam ilmu sosial untuk membandingkan dua sudut pandang teoritis yang berbeda dalam filsafat guna membandingkan pemikiran dua kerangka kerja filosofis dan dalam studi bisnis.
  • Paper sebab dan akibat biasanya melacak hasil yang mungkin atau yang diharapkan dari tindakan atau kebijakan tertentu dalam perkembangan yang logis yang mudah diikuti oleh para pembaca. Paper dipakai dalam bidang bisnis dan juga pendidikan.
  • Laporan sering mengikuti memorandum ataupun format bisnis serupa dan kerap ditulis untuk menjelaskan situasi studi kasus. Laporan mencakup ringkasan situasi hingga saat ini, identifikasi masalah utama, uraian mengenai unsur-unsur dari masalah utama, dan rekomendasi mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut berdasarkan penelitian di dalam topik tersebut. Dimana laporan tersebut akan berisi tentang kalimat faktual singkat tanpa adanya emosi. Biasanya laporan akan menyertakan ringkasan eksekutif yang menggantikan abstrak di dalam paper penelitian jenis ini dan bukti pendukung dalam bentuk grafik lampiran, dan tabel.
  • Paper interpretatif digunakan oleh tutor dalam bidang sastra, humaniora, dan ilmu sosial serta mereka yang mengharuskan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan teoritis yang didapatkan dalam suatu studi untuk contoh studi kasus tertentu, misalnya karya seni atau puisi di bidang sastra, situasi bisnis, dan profil kasus psikologi di bidang psikologi atau sosiologi. Elemen kunci dari paper interpretatif ini adalah bukti bahwa mahasiswa sudah menulis paper berdasarkan kerangka teori yang sudah ditetapkan dan sudah menggunakan data pendukung untuk mendukung pernyataan tesis dan juga temuan paper.

 

Struktur Paper

Setelah memahami jenis paper, langkah langkah membuat paper selanjutnya tentunya menyusunnya! Dalam menyusun paper, kamu perlu tahu tentang struktur paper yang benar agar paper dapat terusun dengan baik. Berikut adalah struktur paper dari awal sampai akhir.

  • Judul dibuat untuk merepresentasikan isi dari paper yang ditulis. Umumnya dibuat secara singkat tapi memuat maksud dan juga tujuan.
  • Bagian pendahuluan berisi latar belakang topik yang akan dibahas. Latar belakang topik ini berisi mengenai alasan memilih ide atau gagasan, seberapa penting ide tersebut untuk dibahas, tujuan membahas hal itu, studi literatur singkat mengenai ide tersebut, dan kebaruan ide yang akan dibahas. 
  • Isi atau Pembahasan bagian ini, gagasan akan disampaikan secara detail. Hal ini merupakan nyawa dari sebuah paper. Gagasan tersebut akan diuraikan berdasarkan landasan teori yang mendukung. Landasan teori tersebut dapat diperoleh dari pernyataan para ahli yang merupakan hasil dari penelitian mereka sebelumnya.
  • Penutup bagian ini, menjelaskan kesimpulan dari hasil analisis atau penelitian yang sudah dijelaskan di pembahasan. Kesimpulan adalah intisari dari hasil analisis ataupun penelitian yang menjelaskan kepada para pembaca tentang hasil yang sudah diperoleh oleh penulis.
  • Daftar Pustaka Kumpulan pustaka yang dipakai dalam menulis paper perlu dicantumkan di bagian daftar pustaka. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa paper yang kita buat valid dan bisa dipercaya. 

Nah itu dia sobat Research Consultant penjelasan dan langkah-langkah membuat paper. Jika sobat sekalian bingung ingin memulai menulis paper dari bagian mana. Kamu bisa percayakan tugasmu pada tim Research Konsultant. Tak perlu khawatir lagi papermu akan dikerjakan oleh tim yang profesional, tak perlu khawatir juga karena data sobat tidak akan diketahui oleh orang lain loh, dijamin 100% terpercaya…

Bagi kamu yang tertarik, menggunakan jasa pengerjaan tugas terbaik untuk menyelesaikan papermu yuk segera konsultasikan ke tim Research Consultant. Research Consultant merupakan sebuah platform menyelesaikan tugas sekolah atau kuliahmu dengan cepat, aman, berkualitas, serta tentunya murah. Research Consultant akan menjadi teman tugas terbaikmu.

 

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *