Definisi Website dan Jenis-Jenisnya

ilustrasi dan definisi website

Website merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari perkembangan internet, hingga saat ini jumlah website telah mencapai 1,9 miliar di seluruh dunia. Jumlah tersebut terus bertambah karena jenis website juga terus berkembang. Tujuan awal adanya website hanya untuk konsumsi pribadi saja. Namun sekarang ini sudah hampir seluruh perusahaan memilikinya. Sebagai contoh Facebook, Apple, dan sebagainya.

Wah menarik juga ya mengetahui tentang website! Ngomong-ngomong udah pada tau belum nih pengertian, jenis serta manfaat adanya website? Tenang, disini kita akan bahas bareng-bareng mengenai definisi website serta jenis-jenisnya. 

Definisi Website

Website merupakan halaman yang berisi tentang informasi tertentu yang tentunya dapat dengan mudah diakses oleh siapapun melalui internet. Contohnya kita akan mengakses web Research Consultant maka cukup menuliskan URL di alamat website browser https://researchconsultant.id/, maka dengan cepat kamu akan masuk di website Research Consultant. 

 

Jenis-Jenis Website

Dilihat dari tujuan penggunaannya, setidaknya ada 7 jenis website, yaitu:

1. Website Pribadi

Yang pertama website pribadi merupakan jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.

Misalnya, nih guys kalian bisa menunjukkan berbagai karya atau pengetahuan dengan cara membuat website portofolio

Intinya, kamu bisa membangun situs web sesuai keinginan, sekaligus membangun personal branding. 

2. Website Toko Online/E-commerce

Website toko online atau ecommerce merupakan jenis website yang biasanya digunakan untuk berjualan secara online. Penggunaan toko online populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas.

Website toko online memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya.

Website toko online juga bisa Anda desain dengan layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan sebagainya. 

3. Website Company Profile

Website company profile merupakan jenis website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya

Tidak hanya itu, situs company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Fungsi website ini adalah menampilkan profil dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Sebagai company profile, fungsi website adalah menunjukkan campaign yang sedang dijalankan juga loh.

4. Website Komunitas

Website komunitas atau web forum merupakan jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. 

Situs web ini biasanya memiliki fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan sebagainya. 

5. Website Gallery

Website gallery atau fotografi merupakan jenis website yang menampilkan konten visual seperti foto dan video. 

Biasanya, situs gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya.

6. Website Berita

Website berita merupakan jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate. Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah mulai ditinggalkan. 

Selayaknya koran, website portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu. 

7. Blog

Blog adalah jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut blog. Biasanya, blog membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *