Struktur Penulisan Makalah yang baik dan Benar

membuat makalah yang rapi dan tersrtuktur

Hallo sobat Research Konsultant! Kamu lagi bingung dapat tugas bikin makalah dari guru atau dosen kalian? Tapi masih bingung cara membuatnya karena tidak tahu struktur makalah yang benar? Nah mungkin artikel ini bisa dijadikan referensi buat kalian yang lagi bingung gimana sih cara bikin makalah atau bahkan masih bingung apa sih makalah itu hehe. Yuk cari tahu, apa sih makalah itu?

Definisi Makalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makalah memiliki dua pengertian, yang pertama makalah ialah tulisan yang sifatnya resmi, yang berisi pokok bahasan yang ditujukan untuk dibacakan di hadapan umum dalam persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua makalah ialah karya tulis yang dibuat oleh pelajar maupun mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah maupun perguruan tinggi.

Pengertian makalah menurut ahli, W.J.S Poerwadarminta menjelaskan bahwa makalah merupakan uraian tertulis yang membahas masalah tertentu dan dari masalah tersebut diperoleh pembahasan dan penjelasan lebih lanjut.

Baca Juga : Langkah Langkah Membuat Paper yang Baik dan Benar

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa makalah merupakan karya tulis yang membahas mengenai suatu permasalahan menggunakan sumber data lapangan dimaksudkan untuk memenuhi tugas maupun penerbitan.

  1. Ciri-Ciri Makalah
    Makalah memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya adalah:
  2. Akurat dan Menyeluruh
    Maksudnya adalah makalah yang kita buat harus menyajikan fakta berupa data atau gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.
  3. Sumber Dapat Dipercaya
    Sumber isi makalah menjadi bagian yang paling penting dalam penulisan makalah, karena makalah harus ditulis dengan akurat. Tidak boleh melakukan plagiasi atau meng Copy Paste karya orang lain tentang topik yang sama.
  4. Tertata Baik
    Penulisan makalah harus tertata dengan benar, memiliki tujuan yang jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Fungsi Makalah

  1. Membantu penulis untuk melatih diri agar mampu menyusun sebuah karya ilmiah dengan baik.
  2. Menambah wawasan yang lebih luas mengenai keilmuan bagi penulisnya.
  3. Membantu penulis mengembangkan pemikiran secara konsep teoritis dan konsep praktis.
  4. Membantu mengembangan konsep keilmuan atau pemecahan masalah.

Jenis-Jenis Makalah

Makalah dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Makalah deduktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoritis menggunakan analisis dan sumber referensi yang relevan dengan masalah yang dibahas.
  2. Makalah induktif ialah makalah yang disusun berdasarkan data empiris dan data lapangan. Data lapangan digunakan untuk membuat analisis objektif terhadap permasalahan dalam makalah.
  3. Makalah campuran yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoritis sekaligus data empiris, didapat dari penelitian lapangan atau dapat dikatakan sebagai gabungan dari makalah jenis deduktif dan induktif. Makalah campuran memiliki berbagai jenis makalah, yaitu:
    1. Makalah Ilmiah, membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah
    2. Makalah Kerja, makalah yang diperoleh dari hasil sebuah penelitian yang memungkinkan penulis untuk memberikan opini.
    3. Makalah Kajian, berisi cara-cara untuk memecahkan suatu masalah yang sifatnya kontroversial.
    4. Makalah Posisi, makalah yang disusun berdasarkan permintaan dari suatu pihak dan berfungsi sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan.
    5. Makalah Analisis, berisi mengenai berbagai analisis suatu permasalahan yang sifatnya objektif dan empiris.
    6. Makalah Tanggapan, merupakan tanggapan atau reaksi penulis terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi.

Struktur Makalah

Dalam menuliskan makalah ataupun karya tulis tentunya kamu harus mengetahui struktur penyusunannya. Berikut merupakan struktur makalah yang baik dan benar:

  1. Cover atau halaman muka berfungsi sebagai gambaran dari keseluruhan isi makalah. Bagian cover berisi judul makalah, logo instansi atau lembaga tempat makalah itu dibuat, nama penulis, tempat pembuatan makalah, dan bulan serta tahun pembuatannya.
  2. Kata pengantar adalah bagian pengantar untuk membawa penulis ke dalam inti makalah atau sebagai kata sambutan ramah penulis sebelum masuk ke pokok pembahasan makalah. Berisi ucapan terimakasih terhadap berbagai pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah dan kendala yang dihadapi penulis dalam menulis makalah.
  3. Daftar isi berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam mencari poin penting yang ingin dibaca atau diketahui. Daftar isi berisi poin-poin yang umumnya berupa subjudul yang digunakan dalam makalah.
  4. Pendahuluan berisi penjelasan latar belakang pemilihan topik permasalahan dan tujuan penulis dalam menulis makalah. Pendahuluan makalah umumnya berisi latar belakang masalah, topik permasalahan yang diangkat, tujuan penulisan makalah, teori yang digunakan, dan sistematika penulisan makalah tersebut.
  5. Isi dan pembahasan berisi gambarkan seluruh hasil dari penelitian atau kajian serta penjelasan rinci mengenai tujuan makalah yang ingin dicapai pada bagian pendahuluan. Pembahasan umumnya berisi poin-poin besar mengenai jawaban dari setiap pertanyaan penelitian yang digunakan untuk memenuhi tujuan penulisan makalah.
  6. Kesimpulan merupakan rangkuman singkat mengenai segala isi dari makalah yang umumnya berisi jawaban singkat dari pertanyaan permasalahan.
  7. Daftar Pustaka berfungsi untuk memperlihatkan bahwa penulis membahas topik permasalahan menggunakan sudut pandang objektif dan bukan dari sisi subjektivitasnya karena menggunakan berbagai referensi pendukung. Selain itu daftar pustaka berfungsi untuk memberikan kredit kepada penulis karena tulisannya dikutip dalam makalah tersebut. Daftar pustaka dapat berasal dari buku, majalah, website, koran, serta sumber valid lainnya.
  8. Lampiran berfungsi sebagai bukti bahwa penulis melakukan kajian secara langsung terhadap topik yang diangkat. Lampiran dapat berupa bukti foto penelitian lapangan, cuplikan sumber data, bentuk kuesioner untuk survei lapangan, dan lain sebagainya.

Nah itu dia sobat Research Consultant penjelasan mengenai makalah dan strukturnya. Jika sobat-sobat sekalian yang mempunyai tugas makalah namun masih belum ada waktu untuk mengerjakannya. Kamu bisa percayakan tugasmu pada tim yang telah berpengalaman dalam mengerjakan tugas. Kami menyarankan untuk menyerahkan tugas sobat ke pada tim Research Konsultant. Tak perlu khawatir lagi tugas dikejar deadline, tak perlu khawatir juga karena data sobat tidak akan diketahui oleh orang lain loh, dijamin 100% terpercaya.

Bagi kamu yang tertarik, menggunakan jasa pengerjaan tugas terbaik untuk menyusun makalahmu yuk segera konsultasikan ke tim Research Consultant. Research Consultant merupakan sebuah platform menyelesaikan tugas sekolah atau kuliahmu dengan cepat, aman, berkualitas, serta tentunya murah. Research Consultant akan menjadi teman tugas terbaikmu.

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *