Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah yang Baik dan Menarik

jasa proposal skripsi

Menulis merupakan kegiatan yang sudah terbiasa dilakukan, hampir setiap hari semua orang melakukannya. Mulai dari hal yang sederhana seperti menulis surat, membuat artikel untuk tugas kuliah, menulis laporan, menulis buku harian, menceritakan pengalaman, atau pun memberi tips untuk melakukan sesuatu. Menulis memang kegiatan yang mengasyikkan bagi orang yang sudah menyukainya bahkan bisa menjadi hobi.

KBBI menjelaskan bahwa menulis merupakan aktivitas yang melahirkan pikiran serta perasaan. Menulis juga diartikan sebagai kegiatan untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran, hingga pengalaman penulis. Dengan menulis, sebuah pesan dapat disampaikan dengan tata bahasa yang tersusun secara sistematis. Seorang penulis dalam menuangkan pikirannya dengan menggunakan bahasa aktif dan produktif yang mudah dipahami oleh orang lain.

Artikel bisa diartikan sebagai karya tulis lengkap berupa laporan berita, esai dalam majalah hingga surat kabar. Artikel merupakan karya tulis yang berisi pendapat pendapat penulis tentang permasalahan maupun fenomena yang muncul di masyarakat. Artikel ialah tulisan yang berisi pendapat,kritik, gagasan, ataupun pikiran penulis terkait isu, persoalan, ataupun informasi yang ingin diketahui pembaca maupun yang sedang dicari masyarakat.sebuah artikel ditulis dengan tujuan untuk menghibur pembaca, memberi informasi, mengedukasi, atau memberi keyakinan akan sesuatu kepada pembaca.

Di dunia pendidikan tak jarang artikel digunakan sebagai tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen untuk pemenuhan tugas. Namun banyak juga pelajar maupun mahasiswa masih awam bagaimana membuat artikel yang baik dan menarik.

 

Jenis-Jenis Artikel

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat artikel yang baik dan menarik, alangkah baiknya kita memahami jenis-jenis artikel agar bisa menulis artikel sesuai dengan tujuan penulisannya.

  • Artikel deskripsi

Artikel deskripsi, ialah tulisan yang menjelaskan sebuah objek secara detail. Tujuan penulisan artikel deskripsi ialah agar pembaca dapat membayangkan apa yang dijelaskan penulis secara rinci. Sehingga dalam menulis artikel deskripsi, penulis disarankan untuk menggunakan panca indera sebagai landasan menulis. Dengan begitu, pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan dan mengalami kejadian yang dituliskan.

  • Artikel Narasi

Artikel narasi, ialah tulisan yang menceritakan peristiwa yang nyata atau fiksi. Jenis tulisan narasi umumnya mencoba menghubungkan cerita berdasarkan sebab dan akibat. Pada artikel narasi, topik tulisan disampaikan secara gamblang kepada pembaca. Jenis artikel narasi lebih umum digunakan pada karya fiksi seperti novel, cerpen, dan hikayat.

  • Artikel Persuasi

Artikel persuasi, ialah tulisan yang menjelaskan sebuah topik yang memiliki unsur ajakan agar pembaca setuju dengan pendapat yang dituliskan oleh penulis. Supaya dapat mempengaruhi pembaca, tulisan harus dapat menarik perhatian dan meyakinkan pembaca dengan memberikan alasan atau prospek yang diyakini benar. Fakta dan opini yang dituliskan akan membantu pembaca mengerti dan memahami pendapat penulis berdasarkan data valid yang diberikan dalam artikel tersebut.

  • Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi, ialah tulisan yang disampaikan dengan cara menguraikan, menjelaskan, dan memaparkan topik dan isu dengan jelas agar dipahami pembaca. Jenis tulisan ilmiah ini memperhatikan unsur kebahasaan, struktur, dan aspek lisan yang menuliskan fakta dan bersifat informatif. Artikel eksposisi bertujuan untuk memberikan pengetahuan, menyampaikan informasi, menjelaskan sebuah topik, menjawab pertanyaan serta memperluas pandangan pembaca. Artikel eksposisi juga bersifat persuasi, namun lebih bersifat memaksa dan mendesak agar pembaca setuju dengan pendapat dan informasi yang diberikan penulis.

  • Artikel Prosedur

Artikel prosedur, ialah tulisan yang berisi urutan dari sebuah tahapan atau langkah untuk mencapai tujuan. 

 

Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah yang Baik dan Menarik

Nahh, agar tulisan kamu semakin baik dan menarik untuk dibaca banyak orang, kamu wajib tahu bagaimana cara membuat artikel yang baik dan menarik, guyss! Karena pada dasarnya artikel yang baik merupakan tulisan yang bisa membawa manfaat dan ilmu baru bagi pembaca.

Cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang baik dan menarik:

  • Menentukan Topik Dan Tema

Langkah pertama saat akan membuat artikel yaitu menentukan topik, topik apa yang akan diambil untuk artikel yang akan dibuat. Bisa dari pengalaman,kemampuan yang kita punya (kerampilan bidang), maupun dari fenomena yang ada. Pilihlah topik yang menarik dan yang cukup menarik perhatian.

  • Membuat Judul Yang Menarik

Judul yang terlalu panjang dan rumit perlu dihindari. Buat judul yang terkesan familiar dan banyak dicari, buatlah seunik dan semenarik mungkin. Pastikan judul yang kita buat sesuai dengan isi pada artikelnya.

  • Patikan Paragraf Pertama Tidak Terlalu Panjang

Paragraph pertama mempengaruhi pembaca untuk terus membaca hingga ke paragraph selanjutnya. Maka dari itu pastikan paragraph pertama tidak terlalu panjang, bisa kita singkat. Dan jangan lupa pastikan paragraph pertama dibuat menarik dan tidak membosankan jangan bertele-tele. Pastikan paragraph pertama cukup mengena dan bernilai pada pembaca hingga mereka tertarik untuk meneruskan membaca.

  • Lakukan Riset dengan Efisien

Riset merupakan hal yang penting untuk segala macam tulisan, namun jangan sampai waktu penelitian menyita waktumu untuk menulis draf pertamamu. Jika kamu mencari fakta atau statistik untuk mendukung argumen kamu, cobalah cari sedetil mungkin. Jika kamu tidak menemukan sumber dukungan argumen yang kamu cari, mungkin kamu perlu mengubah argumen dari artikel tersebut

  • Keep it simple

Rentang perhatian (attention span) pembaca di Indonesia pada umumnya pendek, jadi salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan sebagai penulis adalah membuat artikel tetap singkat dan tidak bertele-tele. Memiliki sasaran jumlah kata maksimum akan membantumu menyelesaikan tulisan kamu lebih cepat, dan juga akan menghasilkan artikel sederhana yang berfokus pada poin-poin penting yang diminati pembaca saja.

  • Berikan Isi Yang Berbobot

Apabila sebuah artikel dengan judul yang mengesankan namun isi didalamnya hanya kata-kata kosong tidak ada nilainya yang bisa diambil, artikel yang dibuat tidak memberikan manfaat bagi pembaca, selain itu membuang-buang waktu dan tenaga bagi pembaca. Oleh karena itu sampaikan jawaban yang berbobot di dalam artikel agar pembaca mendapat jawaban dari pertanyaan mereka, tujuannya agar mereka paham. 

  • Menjelaskan Apa Yang Ingin Disampaikan Kemudian Ceritakan Detailnya

Menunjukan ide yang akan di sampaikan kepada pembaca, sampaikan gambaran utama dari ide yang akan disampaikan. Kemudian jelaskan apa maksud dari ide tersebut setelah itu sampaikan mengapa artikel ini penting untuk disampaikan dan bantu agar pembaca memahaminya. Buat semenarik mungkin agar tidak membosankan.

  • Tulis artikelmu dalam poin-poin. 

Menulis dalam poin-poin dapat membantu mengatur pemikiran kamu dan menyelesaikan artikel dengan lebih cepat. Selain itu, artikel berpoin-poin sering menarik lebih banyak pembaca, karena algoritme mesin pencarian cenderung memprioritaskan artikel dengan poin-poin dan subjudul. Menulis dalam poin-poin tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan artikel kamu mencapai target pembaca kamu

  • Edit artikel setelah artikelnya jadi

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan penulis adalah mencoba mengedit saat mereka menulis. Tahan niat ini. terlalu banyak mengedit ketika artikel belum tuntas dapat memperlambat proses penulisanmu. Bahkan untuk pendahuluan saja mungkin kamu tidak bisa menuntaskannya. Penulis yang baik tahu bahwa menulis dan mengedit adalah dua proses yang berbeda dan terpisah. Setelah kamu mencapai bagian akhir, kamu dapat kembali dan fokus untuk memperbaiki penulisan pada baris pertama agar lebih sempurna, mempertajam paragraf pertama, atau menyatukan semuanya dengan lebih sempurna.

  • Terus Berlatih Untuk Menulis

Menulis artikel yang baik bukan lagi sesuatu yang dipaksakan namun menjadi kebiasaan yang terjadi. 

  • Hilangkan Sumber Distraksi

Banyak orang mengaku jika mereka bekerja lebih baik ketika multitasking. Hal tersebut hampir mustahil, terutama jika kamu menulis suatu artikel. Artikel terbaik membutuhkan fokus yang tinggi untuk merangkainya. Sebelum kamu memulai kalimat pertama, matikanlah TV dan media sosisal agar kamu bisa fokus pada penulisan artikel.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang baik dan menarik, bagaimana? Apakah kamu sudah menerapkan cara diatas untuk membuat artikel yang tidak hanya baik namun juga menarik? Jika belum, jasa pembuatan artikel Research Consultant siap membantumu. yuk kita sama-sama memperbaiki artikel kita agar menjadi karya yang dapat dinikmati oleh pembaca dan menebar manfaat bagi orang lain! Semangat menulis!!

Referensi

Khosla, Rahul. “How to make your article interesting.” Write Upon Demand, 12 May 2021, https://www.writeupondemand.com/article-more-interesting/. Accessed 15 February 2023.

Shewan, Dan. “16 Easy Ways to Improve Your Writing Skills.” WordStream, 24 October 2022, https://www.wordstream.com/blog/ws/2014/08/07/improve-writing-skills. Accessed 15 February 2023.

Ong, Quan. “How to Write a Blog Post (That People Actually Want to Read) in 9 Steps.” Ahrefs, 17 January 2023, https://ahrefs.com/blog/how-to-write-a-blog-post/. Accessed 15 February 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *