4 Cara Membuat Rangkuman Tugas Kuliah Yang Mudah dan Cepat

jasa proposal skripsi

Bagi mahasiswa mengingat mata kuliah yang telah dipaparkan oleh dosen menjadi sebuah keharusan. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa seringkali lupa begitu saja. Oleh karena itu, ada banyak metode untuk meningkatkan daya ingat, salah satunya adalah dengan cara membuat rangkuman materi tugas kuliah sebagai bahan catatan kita.

Merangkum mempunyai arti, yaitu menyatukan atau merangkai pokok-pokok pembicaraan, uraian, dan lain sebagainya. menurut Neuroimaging FMRI dari studi “notebook kertas vs perangkat seluler” menunjukkan bahwa tindakan menulis sesuatu secara fisik diatas kertas dikaitkan dengan aktivasi otak yang lebih kuat di berbagai area daya ingat yang lebih baik.

Lalu, bagaimana cara membuat rangkuman tugas kuliah yang mudah dan cepat? Yuk, simak selengkapnya beberapa cara membuat rangkuman tugas kuliah yang bisa kamu lakukan supaya proses merangkum menjadi hal yang menyenangkan dan bisa membantu kamu menjelang saat ujian mendatang, yaitu:

1. Baca dan Pahami Materi 

Sebelum memulai merangkum alangkah baiknya mempersiapkan materi lebih dahulu berupa buku-buku referensi kuliah, kemudian kamu dapat membaca secara menyeluruh materinya. Membaca materi sebelum memulai merangkum mempunyai tujuan untuk mengetahui pokok utama pembahasan, serta mengetahui inti dari materi rangkuman. membaca materi bisa menggunakan teknik membaca cepat pada saat membaca keseluruhan materi. 

Tujuannya agar kamu dapat memahami dan menemukan gambaran umum materi secara urutan, sehingga dapat kamu pahami konteks materi tugasnya.

2. Mencari Gagasan Utama atau Ide Pokok 

Ketika selesai membaca secara keseluruhan, langkah berikutnya kamu dapat mencari dan menemukan gagasan utama dari materi. Selain itu, kamu bisa menggunakan alat seperti sticky notes untuk menandai ide pokok agar tulisan lebih rapi dan mudah dipahami. 

3. Menulis Rangkuman Secara Urut Yang Singkat dan Jelas

Setelah menemukan ide pokok, maka perlu merangkai gagasan utama dan pastikan kamu menulis rangkuman secara singkat dan jelas. Kamu dapat menggunakan beberapa poin untuk menulis rangkuman.

4. Memberikan Tanda

Langkah terakhir, kamu dapat memberikan tanda pada bagian yang penting untuk dapat menjadi bahan catatan dan membaca hasil rangkumannya.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat rangkuman tugas kuliah yang dapat membantumu. merangkum memang suatu kegiatan yang sebagian orang bosan ataupun malas melakukannya, tetapi merangkum adalah salah satu metode yang penting dan efisien serta bisa membantumu memahami materi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa layanan tugas dalam dengan Research Consultant dapat membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas kuliah, sehingga meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademikmu.

Research Consultant Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *